-->

SAMBAL KECOMBRANG (SAMBAL BUNGO SABUNG)

Kecombrang (Bungo Sabung : bahasa Kerinci), kantan, atau honje (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai sambal (sambel matah).

Aroma khas bunga kecombrang ternyata banyak digemari oleh masyarakat nusantara kita,  kecombrang diolah menjadi aneka masakan tradisional yang memiliki cita rasa khas dan sangat unik serta enak. .Sambal bunga kecombrang sebagai menu pelengkap ini punya rasa asam segar yang cocok dimakan dengan lalapan, pepes ikan hingga gulai ikan.

Baiklah, kali ini cabeduo bagikan resep dan cara mengolah kecombrang menjadi sebuah sambal yang bakal bikin lidah bergoyang.

SAMBAL KECOMBRANG (SAMBAL BUNGO SABUNG)

Bahan:

300 gram (3 kuntum) bunga kecombrang diiris halus
1 papan petai
10 buah cabai rawit yang sudah di ulek
10 buah cabe merah yang sudah di ulek
3 siung bawang putih iris tipis
5 siung merah di iris tipis
1 sendok makan terasi dibakar
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
3 sendok teh gula pasir
1 sendok teh bumbu kaldu
2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Memasak:

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak.
Tumis bawang bombay dengan api sedang hingga harum,
Masukkan bawang putih cincang, tumis hingga matang.
Masukkan cabe  dan terasi yang telah dibakar, tumis dan masak hingga cabai matang dan harum. Tambahkan petai dan irisan kecombrang, aduk dan tumis hingga bunga layu.
Masukkan merica, garam, gula pasir dan bumbu kaldu
Aduk rata dan masak hingga bunga matang dan empuk.

Sajikan dengan nasi putih hangat.

Jika anda memiliki resep masakan khas Kerinci lainnya, silakan tinggalkan resepnya di kolom komentar atau kirim ke email saya krismalia.kl@gmail.com, Insya Allah nantinya akan saya jadikan postingan baru di blog ini. Terima kasih

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan