-->

MEMBUAT SAMBAL PETAI UDANG

Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae),anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.(wikipedia.org)

BACA JUGA : SAMBAL BELUT BATOKOK (KEPANJANG PIHIEK) GURIH!!

Petai mengandung tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, dan juga mengandung serat makanan. Karena mengandung gula, menjadikan petai adalah makanan yang baik untuk menambah tenaga.

Segitu saja penjelasan tentang petai, sebab disini cabeduo tidak sedang dalam rangka akan mengupas tuntas tentang apa itu petai maupun kandungan dan khasiatnya, namun di sini cabeduo akan membagikan sebuah resep masakan tradisonal yang unik enak dan bergizi berbahan dasar petai, yaitu membuat sambal petai udang.

BACA JUGA : RESEP MEMBUAT GULAI JAMBU BIJI, ENAK!!

MEMBUAT SAMBAL PETAI UDANG

bahan-bahan:

1/2 kg udang
5 papan petai

Bumbu-bumbu:

10 siung bawang merah
3 siung bawang putih
minyak goreng
1 ons cabe besar dan kecil
asam
garam
air

BACA JUGA : Membuat BABAL ULEK (BUSUNG TIMEDAK PIHIEK) Sebagai Penambah Nafsu Makan

cara memasak:

petai dikupas
udang dikuliti dan dibersihkan
ulek bawang merah, cabe, dan garam sampai halus
tumis bawang merah, cabe dan garam yang sudah dihaluskan hingga berwarna agak kuning dan harum
masukkan petai, udang, dan asam
beri sedikit air agar petainya empuk.
aduk terus hingga matang.
angkat dan hidangkan selagi panas

Jika anda memiliki resep masakan khas Kerinci lainnya, silakan tinggalkan resepnya di kolom komentar atau kirim ke email saya krismalia.kl@gmail.com, Insya Allah nantinya akan saya jadikan postingan baru di blog ini. Terima kasih

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan